Kamis, 19 Januari 2012

SKL UN IPA - FISIKA SMP dan Indikator Alternatif yang Sering Berulang dari Tahun ke Tahun


Kompetensi

1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering dahunigunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator

Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator

Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.

3. Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator

Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
enentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.

4. Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.

Indikator

Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang
berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.

5. Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator

Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub- kutub yang dihasilkan.
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.

6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.

Indikator

Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari

7. Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.

Indikator

Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia.
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri- cirinya.
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya
Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan.
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan- percobaan tentang proses tersebut.
Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.


Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2248930-kisi-kisi-ujian-nasional-uan/#ixzz1juJZKUrv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar