. ILMU
PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan
alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
|
Menerapkan
konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan sifat-sifat zat
berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan
wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan
dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep
tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.
|
||
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
|
||
4.
|
Memahami
konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam
produk teknologi sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
|
Menjelaskan sifat bunyi atau
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
5.
|
Memahami konsep
kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian
(seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan.
|
||
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada
transformator.
|
||
6.
|
Memahami sistem
tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
|
Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau
peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
|
7
|
Mendeskripsikan
konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
|
Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk
kimia dalam kehidupan sehari-hari.
|
8.
|
Mendeskripsikan
klasifikasi zat, sifat-sifat, dan perubahannya.
|
Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil
percobaan.
|
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
|
||
9.
|
Mendeskripsikan
bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia
dan lingkungan.
|
Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan
lingkungannya.
|
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh
manusia.
|
||
10.
|
Mendeskripsikan
ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam
kehidupan.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
|
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
|
||
11.
|
Mendeskripsikan
komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta
peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
|
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
|
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan
lingkungan.
|
||
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas
lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
|
||
12.
|
Menjelaskan
sistem organ pada manusia.
|
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan
dengannya.
|
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses
pencernaan.
|
||
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan
dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan
dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang
berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
|
||
13.
|
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
|
Menjelaskan struktur
dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan.
|
Menjelaskan respons
tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
|
||
Menjelaskan proses
fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
|
||
14.
|
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup
dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan,
teknologi dan masyarakat.
|
Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
|
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup
makhluk hidup.
|
||
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
|
||
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar